Pesawat Sederhana Di Sekitar Kita

November 25, 2021 by No Comments

Manusia tidak bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan hanya dengan mengandalkan tenaga dari tubuhnya. Manusia membutuhkan bantuan dari suatu alat untuk memudahkan pekerjaannya yang sering dikenal dengan istilah pesawat sederhana.

Mengutip dari situs Kemendikbud, pesawat sederhana terbagi menjadi 4 macam. Berikut ini merupakan ulasan beserta contoh dari 4 macam pesawat sederhana tersebut.

Pengungkit atau Tuas

Tuas digunakan untuk mencabut, mengungkit, dan bahkan untuk mengangkat benda. Tuas terdiri dari tiga titik utama yakni tumpu, beban, dan kuasa. Berdasarkan letak titik utama tersebut, tuas dibagi menjadi tuas jenis pertama, kedua, dan ketiga.

Pada tuas yang pertama, titik tumpu berada diantara titik beban dan kuasa. Contoh tuas jenis pertama yakni jungkat-jungkit. Tuas yang kedua, titik beban berada diantara titik tumpu dan kuasa. Contoh tuas jenis kedua yakni gerobak dorong. Sedangkan untuk tuas yang ketiga, titik kuasa diantara tititk tumpu dan beban. Contoh tuas jenis ketiga yakni ketika kita menggunakan sendok dan sekop.

Pengungkit atau Tuas

Tuas digunakan untuk mencabut, mengungkit, dan bahkan untuk mengangkat benda. Tuas terdiri dari tiga titik utama yakni tumpu, beban, dan kuasa. Berdasarkan letak titik utama tersebut, tuas dibagi menjadi tuas jenis pertama, kedua, dan ketiga.

Bidang Miring

Pesawat sederhana ini berupa sebuah permukaan datar yang dimiringkan atau memiliki sudut tegak lurus dan sudut horisontal. Dalam kehidupan sehari-hari, jalan di pegunungan termasuk salah satu contoh dalam pengaplikasian pesawat sederhana jenis bidang miring. Semakin miring jalannya, semakin sedikit tenaga yang kita gunakan untuk naik ke atas gunung.

Roda

Pesawat sederhana jenis ini mempunyai poros yang dapat berputar pada porosnya. Contoh roda dalam kehidupan sehari-hari yakni ban kendaraan dan setir mobil.

Katrol

Katrol merupakan pesawat sederhana yang memiliki bagian sebuah roda dan sekelilingnya diberi tali. Pesawat sederhana bentuk ini memudahkan pekerjaan manusia untuk memindahkan benda yang berat karena dapat mengubah gaya angkat menjadi gaya tarik. Katrol sendiri terbagi menjadi katrol tetap dan katrol bebas. Katrol tetap contohnya kerekan bendera dan kerekan pada sumur. Sedangkan untuk katrol bebas contohnya yakni kerekan yang digunakan pada alat konstruksi pengangkut bahan bangunan pada gedung pencakar langit/bertingkat.

Katrol dalam Industri Konstruksi

Industri konstruksi erat kaitannya dengan alat dan bahan berat. Untuk membantu memindahkan atau mengangkut benda tersebut, diperlukan metode transportasi yang handal dan mudah dioperasikan. Alat pengungkit seperti kerekan (katrol) manual memang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Namun mengingat kenyamanannya, kerekan listrik adalah pilihan terbaik.

Secara umum, para pelaku industri termasuk industri konstruksi sering menggunakan dua jenis hoist. Ada dua jenis derek: derek manual dan derek listrik. Perbedaan mendasar antara keduanya terletak pada tenaga penggeraknya. Jika kerekan manual digerakkan murni oleh tenaga manusia, kerekan listrik digerakkan oleh listrik. Karena digerakkan oleh listrik, kerekan listrik memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki kerekan manual. Keuntungan terbesar dari kerekan listrik ini terletak pada pengoperasiannya yang mudah.

Kerekan listrik tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk memindahkannya. Manusia hanya berperan sebagai operator. Dalam hal mengurangi beban kerja, kerekan listrik dapat mengatasinya dengan sempurna. Dalam hal perawatan, kerekan listrik semudah kerekan manual. Kenyamanan ini membuat biaya perawatan tetap rendah.

Kerekan listrik atau electric hoist dapat kita beli di website Megajaya. Distributor yang jual electric hoist yakni salah satunya Megajaya. Megajaya sebagai salah satu distributor alat-alat konstruksi terlengkap dan terpercaya menyediakan beberapa varian hoist electric. Selain itu, harga yang ditawarkan oleh Megajaya dijamin terjangkau. Megajaya jual electric hoist.